TIPS SEDERHANA MASUK PTN



Hello, akhirnya kita jumpa lagi,ya, tapi di artikel lain.... Well, kali ini mimin mau berbagi sedikit tips untuk sukses masuk PTN. Sebenernya sih mimin sendiri juga diambang batas saat ini dan belum pasti soal tips berikut ini, tapi gak ada salahnya untuk di coba siapa tau berhasil....
#1              UTAMAKAN BELAJAR UNTUK MASUK PTN
Mimin mau ngasi sedikit tips. Sebenarnya kita lebih beruntung bila dari awal belajar untuk masuk PTN. MENGAPA? Karena kalau dibandingin sama soal UN ya so pasti soal untuk SBMPTN lebih sulit dari UN. Jadi, kalau kita sudah bisa nguasain soal-soal yang sulit, sudah pasti soal setingkat SMA seperti UN bisa lolos dengan mudah. TAPI, jangan anggap remeh UN karena PTN juga masih mempertimbangkan nilai UN kita WALAUPUN beredar kabar PTN gak melihat lagi nilai UN kita.

#2              BELAJAR DARI DASAR DULU
Mimin mau ngejelasin sedikit nih soal cara belajar orang Indonesia yang udah turun-temurun terjadi sejak zaman bahorok. Orang Indonesia itu cenderung belajar sistem “KEBUT SEMALAM” yang artinya disitu mau ujian disitu sibuk belajar. Semua orang udah pada tau kalo itu salah tapi toh juga masih dilakuin sampai sekarang. KENAPA BEGITU? Orang Indonesia udah terbiasa untuk terburu-buru jadi bila ada waktu luang ya dipakai untuk senang-senang dan santai-santai.
Di sinilah kesalahannya. Banyak orang bahkan hampir 99,9% orang yang mau SBMPTN, sebelum 2 atau 3 bulan dilaksanakannya SBMPTN baru sibuk membahas soal ini dan itu. Padahal itu bisa memberatkan otak. Sebenarnya cara terbaiknya ya kita pelajari dulu pelajaran dasar yang di sekolah secara perlahan namun pasti lalu kita cari soal SBMPTN yang serupa dengan dasar pelajaran itu. Setelah itu kita cari soal yang setingkat namun bervariasi lalu carilah soal yang satu tingkat sedikit lebih tinggi di atasnya dan naikkan lagi tingkatnya bila dirasa sudah bisa “MENGUASAI” soal mudah.
Jadi, intinya kita belajar dengan proses yang cukup lama bukan cara insant walaupun cara instant terkesan lebih “sedap”.

#3              GUNAKAN KEDUA JALUR MASUK PTN
Sebenarnya dengan adanya 2 jalur masuk PTN ini kita terbantu karna bila kita gagal di SNMPTN kita masih bisa menggunakan jalur lainnya seperti SBMPTN dan UM. Tapi banyak orang yang pemikirannya masih kecil, hanya memikirkan satu jalur saja. Banyak orang hanya memikirkan 1 jalur saja dan terpaku disitu tanpa memperhatikan peluang yang lebih besar ada di sekelilingnya. Ada yang hanya terpaku di SNMPTN dan ada yang hanya terpaku di SBMPTN namun perlu diingat bila terpaku pada satu jalur saja maka bila jalur yang dipilih gagal maka jatuhnya sangat sakit dan kecil kemungkinan untuk bangkit lagi. Maksudnya, kita hanya terpaku pada SNMPTN sehingga kita gak ada persiapan sama sekali tentang SBMPTN jadi bila gagal maka akan kelabakan mempersiapkan SBMPTN dan sangat kecil kemungkinan untuk belajar dalam waktu sesingkat itu. Dan sebaliknya, kita hanya terpaku pada SBMPTN dan sering terjadi kegagalan hanya gara-gara hal sepele seperti terlambat, lupa membawa alat tulis, dan grogi dan semua kerja keras kita selama ini akan hangus begitu saja hanya karena hal sepele itu.
Jadi, kita lebih baik mencoba kedua jalur itu walaupun gak niat tapi itu harus dilakukan apabila ingin masuk PTN. Walau gak niat, daftar saja SNMPTN, kan kalau lulus AMIN, kalau gak lulus ya jauh hari sebelumnya udah mempersiapkan diri untuk SBMPTN. Walau udah daftar SNMPTN, daftar juga SBMPTN, ya kalau SNMPTN gagal kan udah daftar di SBMPTN dan jauh-jauh hari harus udah siapin diri, atasi nervousmu dengan bertanya pada senior, teman, orangtua, atau om google juga boleh.

#4              SEGERA TENTUIN JURUSAN
Dari awal masuk SMA seharusnya kita sudah punya ancang-ancang untuk pemilihan jurusan kuliah nantinya agar saat dihadapkan dengan penentuan jurusan sudah gak kelabakan lagi. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan kantong. So pasti jurusan yang dipilih harus sesuai kemampuan kita dari berbagai segi.
Mimin mau ngasi sedikit saran, kita jangan selalu memberatkan orangtua dengan biaya-biaya ini dan itu. Kalau bisa sih, kita kuliah secara mandiri yang artinya gak memakai full biaya dari orangtua. Lagi pula kan kurang etis kalau sekolah kita dibiayain orangtua sampai kita dewasa? Di sini mimin bukan menghasut untuk membantah kata orangtua,ya,tapi mimin cuman ngasi sedikit saran untuk membantu ortu kita, kan kasihan orangtua kita udah kerja mati-matian biayain kita sampe SMA masa kita maksa mereka lagi untuk biayain kuliah alias sekolah tinggi kita?
Aduh jadi kebanyakan cakap macam emak-emak aja yah???
Ini ada kata-kata sekalian tips yang mimin ambil sedikit dari sumber lain yang bisa digunain untuk petunjuk memilih jurusan dan perkuliahan:
“Pilih bidang yang membuat lo tertantang... Pilih bidang yang lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan yang memicu ‘sense of wonder’ dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo...”

Well, intinya kita segera pikirin jurusan dari awal masuk SMA dan saat pemilihan jurusan nantinya akan lebih mudah karena kita udah kenal medan yang akan kita tempuh nantinya. Tapi jangan sampai salah pilih... OKAY??

#5              JANGAN NGOTOT
Sering mimin liat orang yang ngotot pengen ini pengen itu termasuk dalam memilih perkuliahan. Sifat ngotot ini yang bisa bikin orang stress nantinya. Misalnya, ada orang ngotot pengen masuk FK UI dan harus jurusan dan perkuliahan itu padahal banyak orang yang pengen juga masuk situ. Jadi, kalau semua orang mikir seperti itu pasti yang bakalan sakit adalah yang gagal itu karna kemungkinan lolosnya sagat tipis. Padahal kan masih banyak FK yang bagus juga selain UI. Toh juga nanti lulusannya bergelar dokter.
Yaaaah, optimis sih boleh-boleh aja gak ada yang larang. Tapi kalau optimisnya kelewatan ya juga gak baik. Tapi pesimis juga gak boleh sih. Yang penting kita bertekad aja. Kalau benar-benar mau jadi lulusan FK yah masuk aja ke kuliah yang ada Fknya toh nantinya bergelar dokter juga dan juga tanamin aja di dalam diri kalo “saya bisa masuk FK”.

Well, mungkin itu aja yang bisa mimin bagikan dalam artikel kali ini. Selain itu, disamping itu semua haruslah diutamakan yang namanya ibadah. Oh iya ini ada sedikit tips buat yang katolik doa novena tiga salam maria pasti manjur dan doa-doa novena lainnya. Mohon maaf buat yang non-katolik, mimin kurang tau doa yang manjur yang sesuai dengan kepercayaan kalian. Selain itu, kita haruslah bertanggungjawab atas segala perbuatan yang telah dilakukan.
OKAY itu aja. Jadi, sampai jumpa di artikel berikutnya....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAHASA KASIH

Resep Ikan Arsik ala Rumahan

Wujud Asli Admin